Hunting Visa Bisnis Korea

Mei 2016 lalu aku ditugaskan oleh bos ku untuk mengurus visa bisnisnya ke Korea. Cukup urgent, karena tiket dan hotel sudah dipesan. Aku baru dikirimkan berkas-berkasnya hari Minggu, sedangkan mereka akan berangkat hari Rabu malam. Can you imagine?!

Jadi hari Senin pagi aku langsung pergi ke Kedutaan Besar Korea Selatan jam 7:30 tanpa pergi ke kantor dulu. Sebelumnya aku sudah riset dulu bagaimana situasi dan kondisi disana, apa mungkin visa itu cepat selesai, berapa biaya yang dikeluarkan.


South Korean Embassy in Jakarta, Indonesia
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 JKTM
P.O. Box 4187
Jakarta, Indonesia
Phone: (+62) (21) 2967-2555 FAX: (+62) (21) 2967-2556 / 7
Email: koremb_in@mofa.go.kr
Website: idn.mofa.go.kr



Jadi di area Kedubes ada dua gerbang, gerbang untuk masuk ke Kantor Kedubes dan gerbang untuk masuk ke Kantor Konsulat. Untuk pengurusan visa masuk ke Kantor Konsulat. Ternyata Kantor Konsulat Korea beda dengan Kantor Konsulat UAE, kita tidak harus datang sebelum jam bukanya. Jadi aku percuma datang sejak jam 7:30.

Hari itu Kantor Konsulat sepi (atau karena masih pagi?), jadi aku langsung ambil nomor antrian. Loketnya dibedakan menjadi dua, loket untuk warga negara Korea dan loket untuk warna negara bukan Korea. Tempatnya nyaman dan kursinya banyak. Mereka juga menempel informasi penting seputar visa sehingga pengunjung tidak perlu bertanya lagi.


Ternyata untuk pembuatan visa yang normal hanya memakan waktu 4 hari, waktu yang cukup cepat. Satu lagi yang harus diingat adalah waktu pengajuan dan pengambilan visa. Waktu pengajuan hanya bisa dari jam 09:00 - 11:30 dan waktu pengambilan visa mulai dari 13:30 - 16:30.


Ini juga hal penting dalam apply visa, biaya. Karena visa untuk bos ku adalah visa bisnis untuk dua orang, jadi aku membayar IDR 560,000 dikalikan dua. Biaya untuk visa bisnis sama dengan biaya untuk visa turis. Untuk bukti pembayarannya hanya berupa kertas yang ditulis tangan saja.


Di kertas itu dituliskan kalau visanya dapat diambil tanggal 10 Mei 2016, yaitu delapan hari dari hari aplikasi. Dan statusnya juga bisa dicek online di https://www.visa.go.kr/;jsessionid=wL1BQgQ366eSv6Uy9ajyI8gdH1WLVA83wvqbsLHbceEzuclvg1BVEbYTEz1fDtqc.evisawas1_servlet_EVISA

Karena apply visa sudah selesai, tinggal lapor bos. Entah apa yang dilakukan si bos, tanggal 4 Mei 2016 aku cek online, visanya sudah siap diambil! Hahaha. Yasudah, siang itu juga langsung aku jemput di Kantor Konsulat. Dan siang itu pun kantornya terlihat sepi. 

Kalau menurutku, apply visa Korea cukup mudah, karena tidak ada proses wawancara. Mereka cuma butuh tau keadaan finansial kita selama 6 bulan terakhir. Kalau untuk visa bisnis, keadaan finansial perusahaan selama 6 bulan terakhir. Beginilah bentuk visa Korea.


Comments

  1. Kira2 apa yang bisa dilakukan supaya bisa cepet juga kyk bosnya ya??

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menulis Email Berbahasa Inggris

Legalisasi Dokumen Ekspor di Kantor Konsulat Uni Emirat Arab di Jakarta

Kunjugan ke Dirjen Bea Cukai - NIK dan API Terblokir